Jumat, 01 Februari 2013


5 MITOS PENCEGAHAN ILMU HITAM DAN MAKHLUK HALUS

Ketika berbicara tentang ilmu hitam dan makhluk halus; pasti berpikir tentang bagaimana cara mengetahui hal tersebut mendekati diri kita. Selain itu, bagaimana cara mencegah semua hal tersebut agar diri kita terselamatkan dari hal-hal tersebut. Tapi tentunya kita tidak boleh percaya bahwa benda atau makhluk lain dapat menjadikan diri kita kuat, karena hal tersebut adalah musyrik.

Namun berdasarkan kepercayaan kuno di Indonesia, uniknya.com merangkum 5 mitos cara mencegah ilmu hitam dan makhluk halus tersebut, sebagai berikut :

1. Anjing

Anjing merupakan hewan yang dikenal sensitif terhadap hal gaib. Menurut mitos yang beredar, ketika ada suara anjing melolong pada malam hari; itu berarti ada makhluk halus yang gentayangan di sekitar rumah. Namun apabila ada anjing yang mengeluarkan suara pelan sambil menunduk, itu berarti dia melihat arwah orang pemilik rumah atau majikan anjing tersebut.

Mitos juga menyatakan bahwa darah anjing hitam dapat juga digunakan untuk menyembuhkan orang dari kesurupan.


2. Bayi

Bayi merupakan hal yang sangat disukai oleh ilmu hitam dan makhluk halus. Banyak juga ilmu hitam yang mensyaratkan untuk meminum darah bayi atau menumbalkan bayi. Mitos yang beredar seputar bayi yaitu ketika pada malam jumat kliwon tiba-tiba ada kupu-kupu hinggap di sekitar bayi tersebut; tandanya bahwa arwah kakek sang bayi datang mengunjungi.

Untuk menghindari dari ilmu hitam dan makhluk halus, beredar mitos untuk menaruh seikat sapu lidi, gunting, bahkan celana kakeknya agar terhindar dari gangguan makhluk halus.


3. Wanita Hamil

Selain bayi, wanita hamil juga sangat rentan terhadap gangguan ilmu hitam dan makhluk halus. Mitos beredar bahwa wanita hamil harus menaruh gunting di bawah bantal ketika mau tidur agar wanita hamil dan anak dalam kandungannya terhindar dari gangguan mistis dan makhluk halus terutama kuntilanak.

Selain itu, wanita hamil juga disarankan untuk selalu menggantungkan pisau lipat pada baju yang dikenakannya, agar terhindar dari ilmu hitam dan makhluk halus.


4. Rumah

Setiap ruangan dan bahkan rumah pasti memiliki makhluk halus. Menurut kepercayaan tradisional, sebelum menempati rumah yang baru dibangun; alangkah baiknya jika melakukan syukuran dulu sebagai bentuk meminta izin pada makhluk halus yang menunggu rumah tersebut, agar terhindar dari gangguannya.

Selain itu, terdapat mitos untuk tidak membangun kamar yang jauh dari lokasi rumah utama; apalagi kamar tersebut dibiarkan kosong dan tidak ditempati. Jika ada ruangan tersebut dikosongkan maka akan mengundang roh jahat atau makhluk halus akan menempati ruangan tersebut.


5. Bumbu Dapur

Menurut mitos ada beberapa bumbu dapur yang bisa dijadikan alat penangkal ilmu hitam dan makhluk halus. Mitosnya beredar bahwa dengan menaruh bawang merah, cabe merah dan kunyit di atas kayu pintu rumah yang berfungsi untuk melindungi rumah dan keluarga dari ilmu hitam dan makhluk halus.

Selain itu, bumbu dapur seperti bawang merah, cabe merah, dan kacang hijau dapat mencegah makhluk halus sejenis tuyul untuk mencuri uang apabila bumbu dapur tersebut disimpan di tempat penyimpanan uang. Percaya atau tidak?? Hanya Tuhan semesta alam yang dapat membantu umat manusianya (**)

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda
Comments
0 Comments

0 komentar: